Senin, 06 Oktober 2008

Sound System Untuk Upcara Dep Hup

Re Design Sound system untuk Upacara, sebenarnya perlengkapan audio system yang ada terutama bagian FOH jauh dari kreteria sound outdoor, apalagi untuk Upacara,, weleh weleh loyo tenan! Pertama Power out put yang tidak mendukung dan jenis speaker yang di pakaipun bukan jenis longthrow serta minim nya perlengkapan audio processor, wuaduh,, mesti di apain ya,,,, kira kira setahun yang lalu, saat upacara hari kemerdekaan saya harus buktikan kalau saya bisa memberikan service, support serta solusi, ( Motto Hermon Research S3 – red ) maka dengan senang hati saya membawakan beberapa perlengkapan audio untuk melengkapi perlengkapan audio yang sudah ada, dengan harapan bisa berfungsi maksimal serta bisa menambah performa dari sound system yang ada! Dan Jreng hewes hewes! Upacara itu berjalan lancar,,dengan sound system yang OK! Lalu ucapan selamat serta terimakasihpun sempat saya terima, ahk jadi inget waktu di Secapa Bandung beberapa orang dengan seragam yang gagah menghampiriku menjabat tanganku serta mengucapakan terima kasih, karena sound system bisa berfungsi dengan baik selama acara berlangsung! Itu aja sudah membuat aku bahagia! Nah sekarang perlengkapan audio yang saya bawa setahun yang lalu kini harus di installasi secara permanent, mulai dari kabel microphone, dan kabel sinyal out put, dan beberapa perlengkapan audio processornya, seperti dalam tampak dalam gambar di bawah. Sejenak saya teringat kata - kata bijak yang sering di ucapkan oleh Alm Bapak saya “ Gusti Ora Sare dan Ngunduh Woh’ ing Pakerti” ( Tuhan tidak tidur, Menuai dari hasil Perilaku - red )
Recieptacle ini saya pasang di batu alam dinding taman, di recieptacle inilah semua Microphone untuk upacara di salurkan ke Mackie Mixer saya cuma butuh 8 microphone untuk upcara, mulai dari Inspektur upcara,pembaca UUD 45, Mc,paduan suara,sedangkan untuk komandan upcara saya pakai wireless series shure ULX P

Persiapan sebelum tempur Biasanya saya nginep di Dep Hup untuk mempersiapan perlengkapan upacara, dan jam 6 pagi kita sudah sibuk angkat ini itu, pagi ini saya lihat matahari merekah seakan memberikan semangat untuk kami, jadi buru buru daech aku ambil camera dan jepret! Satu moment telah tertangkap tersimpan dalam SD card ku,,,
Review singkat dari system ini,

Untuk microphone saya masih percaya dengan Shure ( wireless dan condenser –red ) dan Beyer Dynamic ( untuk Dynamic super cardioid microphone ) kemudian saya umpan ke mixer Mackie CFX series yang kemudian di umpan ke dbx noise gate,compressor, lalu ke DOD Equalizer, barulah saya umpan ke dbx speaker management system, untuk pemprosesan yang lebih lanjut dan lebih leluasa, disini fasilitas AFS, sangat membantu sekali,, selajutnya dari ke enam out put dbx 260 ini, di kirim ke enam speaker active yang terletak di lapangan,

Dan cara upacara pun dimulai,, semua berjalan lancar, sampai pada akhir acara upacara selesai, Alkhamdulilah,,,, lancar! Dan seperti biasa mas Budi cs, selalu bilang makasih ya mas,,, inggih mas sami sami jawabku, sembari membereskan laptopku,

Terimakasih Gusti Sing Ora Sare ( Tuhan yang Tidak Tiadur - red)

Terima Kasih Rekananku

Terima Kasih para Teknisi yang membantu kami

Terima Kasih mas Alie, mas Nurul, mas Rudi,

Tidak ada komentar: